Rabu, 08 Mei 2013

7 Hal tentang Kota Daeng (Makassar)

Makassar,ujung pandang,Pantai losari,pantai
Add caption


   yah!!! berhubung saya berasal dan besar di provinsi Sulawesi selatan namun dibesarkan di salah satu kabupaten sulsel yaitu di kab.Barru saya akan memberikan sedikit info tentang kota Makassar.

Berikut infonya:

7 Hal tentang Kota Daeng (Makassar)


    
1.Makassar memiliki wilayah seluas 175,77 km² dan penduduk sebesar kurang lebih 1,4 juta jiwa.

Kota Makassar (Makassar:  kadang dieja Macassar, Mangkasar; dari 1971 hingga 1999 secara resmi dikenal sebagai Ujungpandang atau Ujung Pandang) adalah sebuah kotamadya dan sekaligus ibu kota provinsi Sulawesi Selatan.

2.Makassar berbatasan dengan Selat Makassar di sebelah barat, Kabupaten Kepulauan Pangkajene di sebelah utara, Kabupaten Maros di sebelah timur dan Kabupaten Gowa di sebelah selatan.

    
3.Kota ini tergolong salah satu kota terbesar di Indonesia dari aspek pembangunannya dan secara demografis dengan berbagai suku suku Makassar, Bugis, Toraja, Mandar, Buton, Jawa, dan Tionghoa.

Makassar merupakan kota yang multi etnis Penduduk Makassar kebanyakan dari Suku Makassar dan Suku Bugis sisanya berasal dari suku Toraja, Mandar, Buton, Tionghoa, Jawa dan sebagainya.

4.Makanan khas Makassar yang umum dijumpai seperti Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro.


5.Kota Makassar mempunyai sebuah bandara internasional, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin yang pada tanggal 26 September 2008 diresmikan oleh Presiden RI Jend. TNI (Purn.) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono yang menandakan mulai pada saat itu Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.


6.Pete' Pete' adalah sebutan sebuah angkot di makassar dan sekitarnya. Pete' pete' merah adalah angkot yang berasal dari kabupaten Gowa/Sungguminasa dan Pete' Pete' Biru adalah angkot yang berasal dari Kota Makassar itu sendiri. :Bus,taksi,becak.


7.Makassar modern memiliki banyak tempat wisata yang digunakan untuk keperluan hiburan masyarakat Makassar maupun bagi wisatawan yang berasal dari kota maupun negara lain. Beberapa diantaranya yang paling digemari maayarakat makassar adalah :

Pantai Losari,Fort Rotterdam,Pantai Akarena,Pulau Laelae,Pulau Khayangan,Pulau Samalona,Benteng Sombaopu,Pantai Barombong,Makam Raja-Raja Tallo,Makam Sjekh Jusuf (Gowa),Pelabuhan Paotere,Taman Makam Pahlawan,Trans Studio (Indoor Theme Park terbesar di dunia),Bantimurung, (Kabupaten Maros),Malino, (Kabupaten Gowa)























              



2 komentar :

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. mantap gan :)
    comment back yah http://tomyrahmatwijaya.blogspot.com/

    BalasHapus